Edmodo Kelas Maya Pembelajaran Fisika
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kian meningkatnya teknologi elektronik dan digital menjadi tantangan dan stimulus tersendiri bagi semua lapisan masyarakat, tak kalah penting bagi para pelajar, dan pengajar. Dinamisasi IPTEK akan trus terjadi diiringi dengan kebutuhan yang kian kompleks untuk mengendalikanya, meskipun demikian pada dasarnya IPTEK bertujuan untuk membantu menyederhanakan masalah-masalah yang rumit. Maka dari itu seorang guru harus dapat mengimbangi mengendalikan dan mengguankan teknologi ini dengan tepat sesuai kebutuhan sehingga mampu mengatasi masalah-masalah yang kompleks tersebut. Saat ini kita berada pada generasi Y dan transisi menuju generasi yaitu generasi murid-murid kita, mereka telah mengenal dunia internet sejak dini yang lebih dikenal dengan istilah elearning. Sekian banyak aplikasi di internet ialah edmodo.com, meruapakan aplikasi internet yang cukup membantu dan telah banyak digunakan oleh orang banyak, dengannya ini maka memudahkan guru dalam melakukan identivikasi tingkat kesukaran dan kemampuan siswa. Meskipun sudah menjadi tugas harian namun tidak sedikit guru mengalami kesulitan dalam melakukan koreksi jawaban siswa serta melakukan analisis penilaian baik ulangan harian, tugas, dan mid semester, hal ini dikarenakan banyak hal, diantaranya jumlah kelas yang terlalu banyak, jumlah siswa yang melebihi kapasitas normal, seperti yang dialami penulis. Ditambah dengan tugas dan jabatan fungsional lainnya. Mengajar 20 kelas dengan masing-masing kelas terdiri atas 35-hingga 40 siswa. Menjadi team ketertiban siswa dengan jumlah kurang lebih 2600 siswa, serta tambahan tugas sebagai sekertaris ISO lingkungan 9001- 4001, 2015. Belum lagi tanggung jawab keluarga dengan 3 anak, 2 diantaranya masih balita. Adalah pengaturan waktu yang ektra ketat sementara itu improvisasi pembelajaran yang aktual dan dinamis harus terus berjalan dan diilakukan setiap hari.
Dibutuhkan solusi guna membentu tugas ini agar dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. keberadaan program edmodo menjadi salah satu solusi yang tepat saat ini dalam melaksanakan tugas-tugas penulis khususnya dalam melakukan penugasan, ualangan, serta melakukan evaluasi penilaian.
.1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mencoba untuk membuat dan menggunakan media edmodo online ini, dan sejauh mana media ini dapat membantu tugas guru dalam melakukan penugasan, evaluasi dan penilaian.
1.3 Tujuan dan Manfaat
- Membuat akun edmodo
- Membuat group dan jaringan belejar berbasis IT online
- Sebagai alat evaluasi berbasis IT online
- Media komunikasi dan transfer pengetahuan pada siswa
Edmodo meruapakn Learning Management System (LSM) yang menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran [zamrotunl aniyah & Durinta puspasari : 2015]. Edmodo adalah salah satu software aplikasi google, yang dikelola secara online dan dapat digunakan oleh sispapun dengan Cuma-Cuma.
Edmodo bertujuan untuk membantu guru pengajar dalam social networking sesuai pembelajaran di kelas yang dinamias [1].
Edmodo (edmodo.com) merupakan sebuah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk Sekolah dan bisa berfungsi lebih banyak lagi dengan segala berbagai kebutuhan. Edmodo merupakan salah satu website yang menyediakan pembelajaran online antara Guru dan Siswa ( Habibullah Al Faruq : 2014)
1.5 Prasyarat Pembuatan akun edmodo dan prosedur pembuatan akun
- Seperangkat computer sebagai alat pembuatan media
- Software mikrosoft office 2007, yang dilengkapi aplikasi broser internet
- Memiliki email
METODOLOGI
1. Prosedur pembuatan akun pada edmodo.com
a. Membuka edmodo.com
Tampilan halaman muka edmodo |
Pada halaman ini kita dapat memilih buton “saya siswa” jika user sebagai siswa atau “saya guru” jika user sebagai guru
b. Mengimpor video atau gambar pada movie maker mdnggunakan buton pilihan import
b. Mengimpor video atau gambar pada movie maker mdnggunakan buton pilihan import
Tampilan alamat surel atau akun |
Pada langkah kita perlu menuliskan alamat email dan pasword kita dengan benar dan melakukan konfirmasi pasword, kemudian klik buton “daftar”
c. Membuat akun ed modo dan upload gambar foto profil
Halaman profil edmodo |
Dalam langkah ini kita memilih nama profil kita, dengan menulisa nama depan dan belakang
Memilih kelas ajar dan bidang materi ajar |
Setelah itu edmodo akan meminta konfirmasi pada email anda sebagai tanda persetujuan atau hendak melakukan koneksi pada orang lain pada email kita
d. Memulai dengan nama group atau kelas baru
Membaut nama group, halaman akhir proses pembuatan akun |
Membuat nama group atau kelas ajar siswa kita, setelah itu kita kembali ke halaman branda atau ahalam depan edmodo, dengan menekan buton “pergi kebranda”
Pada tahap ini berarti kita telah selesai membuat akun pada edmodo.com
Pada tahap ini berarti kita telah selesai membuat akun pada edmodo.com
HASIL dan PEMBAHASAN
.1. Pengoprasian akun edmodo
a. Menampilkan halaman muka akun edmodo
Halaman muka akun edmodo yang telah jadi |
Pada halaman ini terdapat beberapa buton sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Pada kolom ini terdapat tanda gambar rumah menunjukan halaman branda atau muka akun.
Pada gambar button gelombnag menunjukan presentasi nilai tugas-tugas siswa
Pada button gambar buku menunjukan data file-file materi atau buku simpanan yang sewaktu-waktu dapat di unduh dan ditampilkan dalam pembautan soal, tugas, dan modul atau bahan ajar siswa
b. Fitur Tombol button branda, grafik nilai, dokumen pustaka
Pada gambar button gelombnag menunjukan presentasi nilai tugas-tugas siswa
Pada button gambar buku menunjukan data file-file materi atau buku simpanan yang sewaktu-waktu dapat di unduh dan ditampilkan dalam pembautan soal, tugas, dan modul atau bahan ajar siswa
b. Fitur Tombol button branda, grafik nilai, dokumen pustaka
Pada kolom ini terdapat nama –nama group yang telah kita buat
Paqda button “mengelola group” kita dapat melihat nama-nama siswa anggota group
Pada button (+) ‘buat sebuah group” kita dapat menambah group baru
Pada button n”gabung ke group” kita dapat bergabung pada group lain
. c. Tombol notivikasi atau pemberitahuan, dan catatan pesan guru
Paqda button “mengelola group” kita dapat melihat nama-nama siswa anggota group
Pada button (+) ‘buat sebuah group” kita dapat menambah group baru
Pada button n”gabung ke group” kita dapat bergabung pada group lain
. c. Tombol notivikasi atau pemberitahuan, dan catatan pesan guru
Pada kolom ini button gambar lonceng denganya ini kita akan mendapatkan
konfirmasi bagi siswa yang telat menyerahkan tugas
konfirmasi anggota anggota baru dalam group
2. Group dan Quiz yang telah dibuat
a. Laporan pembuatan akaun dan group kelas
Telah dibuat akun edmodo dengan user sebagai guru, dengan nama akun “Pak. Nuri sekolah SMK Tunas Harapan Pati”
b. Jumlah group atau kelas yang telah dibuat
Jumlah group yang telah dibuat sesuai dengan jumlah kelas yang diajar yaitu 15 kelas reguler, dan 1 kelas bimbingan belajar khusus dengan nama sbb:
Total group adalah 15 group dengan jumlah peserta tiaap group adalah 40 siswa. Kecuali kelas bimbingan khusus
NAMA-NAMA GROUP YANG TELAH MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO
Jumlah group yang telah dibuat sesuai dengan jumlah kelas yang diajar yaitu 15 kelas reguler, dan 1 kelas bimbingan belajar khusus dengan nama sbb:
Total group adalah 15 group dengan jumlah peserta tiaap group adalah 40 siswa. Kecuali kelas bimbingan khusus
NAMA-NAMA GROUP YANG TELAH MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO
1. Fisika KLS X M1
2. Fisika KLS X M2
3. Fisika KLS X M3
4. Fisika KLS X M4
5. Fisika KLS X welding 1
6. Fisika KLS X welding 2
7. Fisika KLS X welding 1
8. Fisika KLS XI M1
9. Fisika KLS XI M2
10. Fisika KLS XI M3
11. Fisika KLS XI TKJ 1
12. Fisika KLS XI TKJ 2
13. Fisika KLS XI TKJ 3
14. Fisika KLS X BRT
15. FISIKA CINTA 2016 (bimbingan khusus)
GROUP ini terdiri atas kelas X dan kelas XI, kompetensai keahlian TKj, BRT dan Mesin SMK Tunas harapan Pati. Serta satu keleas bimbingan khusus di luar sekolah yaitu “Fisika Cinta 2016”.
c. Model tugas atau quis yang telah digunakan
c.1.Pembuatan quiz pilihan Pilihan ganda
2. Fisika KLS X M2
3. Fisika KLS X M3
4. Fisika KLS X M4
5. Fisika KLS X welding 1
6. Fisika KLS X welding 2
7. Fisika KLS X welding 1
8. Fisika KLS XI M1
9. Fisika KLS XI M2
10. Fisika KLS XI M3
11. Fisika KLS XI TKJ 1
12. Fisika KLS XI TKJ 2
13. Fisika KLS XI TKJ 3
14. Fisika KLS X BRT
15. FISIKA CINTA 2016 (bimbingan khusus)
GROUP ini terdiri atas kelas X dan kelas XI, kompetensai keahlian TKj, BRT dan Mesin SMK Tunas harapan Pati. Serta satu keleas bimbingan khusus di luar sekolah yaitu “Fisika Cinta 2016”.
c. Model tugas atau quis yang telah digunakan
c.1.Pembuatan quiz pilihan Pilihan ganda
Pada halaman pembauatan soal benar –salah ini kita akan disajikan kolom soal, serta pilihan jawaban antara “benar “atau ” salah”
C.2 Pembuatan soal benar - salah
c.3 Penentuan waktu pengerjaan quiz
Waktu pengerjaan quis dapat dibatasi
- Durasi waktu pengerjaan
- Hari dan tanggal pengerjaan tugas
d. Quiz pulihan pilihan ganda
- Durasi waktu pengerjaan
- Hari dan tanggal pengerjaan tugas
d. Quiz pulihan pilihan ganda
d.1 Pembuatan quiz pilihan pilihan ganda
d.2. Pembuatan soal Pilihan ganda
Pilihan jawaban tersedia dalam kolom pilihan, dan kita dapat menambah pilihan lain sesuai kemauan
d.3 Penentuan waktu pengerjaan quiz
d.3 Penentuan waktu pengerjaan quiz
Waktu pengerjaan quis dapat dibatasi
- Durasi waktu pengerjaan
- Hari dan tanggal pengerjaan tugas
Pada kolom group terdapat button Quiz, kita dapat memilih dan membuat quiz yang kita inginkan dengan meng klik button “ Buat soal”
Setelah masuk halaman pembautan quiz, akan tersaji pilihan quiz yaitu : pilihan ganda, benar salah, jwaban pendek, isilah, dan mencocokan
dalam hal ini telah dilakukan pembuatan soal berupa pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,dan d).
3. Hasil Penugasan quis edmodo
a Quis benar- salah ulangan “Getaran dan gelombang 1”
Salah satu quiz soal ulangan getaran gelombnag pada kelas XI TKJ 3
a.1 Analisis butir soal dan nilai
a.1 Analisis butir soal dan nilai
Ditampilkan hasil nilai tertinggi dan analisis butir soal presentasi nilai siswa pada kelas XI TKJ 3
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan bahwa penggunaan media edmodo sebagai e-learning sangat membantu tugas mengajar, khususnya dalam penugasan, melakukan ulangan atau quiz, dan melakukan analisis soal dan penilaian siswa.
Penggunaan media edmodo dapat memberi keleluasaan bagi guru dan siswa dalam komunikasi pelajaran dilauar sekolah
Media edmodo dapat memberi dampak positip bagi guru dan siswa dalam hal motivasi dan pemberian penghargaan atau penguatan positip.
Penggunaan media edmodo dapat meningkatkan nilai nilai rata-rata siswa seperti yang telah dilakukan dan dirasakan oleh peneliti sebelumnya [2].
Dalam medai ini masih terdapat kelemahan yaitu ketergantungan pada jaringan internet dan kurang cocok dalam penugasan quiz jenis soal uraian
2. Kendala dan kelamahan media
- Kendala dalam penggunaan medai ini adalh kebergantungan pada jaringan internet.
- Kelemahan dalam penerapan soal uraian, yakni pada koreksi manual, sehingga membutuhkan waktu lama.
- Beberapa siswa dapat membuat akun lebih dari satu, sehingga mereka dapat masuk dalam group lebih dari satu akun
- Media ini hanya dapat dilakukan di warnet, atau dirumah dan tempat-tempat lain sehingga dimungkinkan dapat dibantu orang lain dalam mengerjakan tugas
3. Saran
- Disarankan dalam penggunaan media untuk melakukan ujian atau pengerjaan langusng ditempat sehingga mengurangi joki atau bentuan dari pihak lain dlam pengerjaan soal
- Guru perlu memperhatikan jumlah anggota atau akun dalam setiap group guna mengantisipasi pendaftar akun ganda
- Media ini sangat cocok untuk quiz jenis pilihan ganda dan pilihan benar-salah
DAFTAR PUSTAKA
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan bahwa penggunaan media edmodo sebagai e-learning sangat membantu tugas mengajar, khususnya dalam penugasan, melakukan ulangan atau quiz, dan melakukan analisis soal dan penilaian siswa.
Penggunaan media edmodo dapat memberi keleluasaan bagi guru dan siswa dalam komunikasi pelajaran dilauar sekolah
Media edmodo dapat memberi dampak positip bagi guru dan siswa dalam hal motivasi dan pemberian penghargaan atau penguatan positip.
Penggunaan media edmodo dapat meningkatkan nilai nilai rata-rata siswa seperti yang telah dilakukan dan dirasakan oleh peneliti sebelumnya [2].
Dalam medai ini masih terdapat kelemahan yaitu ketergantungan pada jaringan internet dan kurang cocok dalam penugasan quiz jenis soal uraian
2. Kendala dan kelamahan media
- Kendala dalam penggunaan medai ini adalh kebergantungan pada jaringan internet.
- Kelemahan dalam penerapan soal uraian, yakni pada koreksi manual, sehingga membutuhkan waktu lama.
- Beberapa siswa dapat membuat akun lebih dari satu, sehingga mereka dapat masuk dalam group lebih dari satu akun
- Media ini hanya dapat dilakukan di warnet, atau dirumah dan tempat-tempat lain sehingga dimungkinkan dapat dibantu orang lain dalam mengerjakan tugas
3. Saran
- Disarankan dalam penggunaan media untuk melakukan ujian atau pengerjaan langusng ditempat sehingga mengurangi joki atau bentuan dari pihak lain dlam pengerjaan soal
- Guru perlu memperhatikan jumlah anggota atau akun dalam setiap group guna mengantisipasi pendaftar akun ganda
- Media ini sangat cocok untuk quiz jenis pilihan ganda dan pilihan benar-salah
DAFTAR PUSTAKA
- Aniah Zamrotul. Penggunan Edmodo sebagai sarana belejara E-learning pada mata pelejaran otomatisasi perkantoran di SMK 1 Surabaya. 2015. Jurnal UNESA. Surabaya
- Gede Suriadhi dkk. PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA.2014. ejournal Edutech Vol 2, No 1. Bali
- Alfaruq Habibullah. Portal Situs Edukasi SMP & SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia. 2015. habibullahurl.com dikutip 22 september 2016.
Komentar
Posting Komentar