Aplikasi Software Liveware
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dinamisasi IPTEK akan trus terjadi diiringi dengan kebutuhan yang kian kompleks untuk mengendalikanya, meskipun demikian pada dasarnya IPTEK bertujuan untuk membantu menyederhanakan masalah-masalah yang rumit dan berkembang.
Dinamisasi IPTEK akan trus terjadi diiringi dengan kebutuhan yang kian kompleks untuk mengendalikanya, meskipun demikian pada dasarnya IPTEK bertujuan untuk membantu menyederhanakan masalah-masalah yang rumit dan berkembang.
Fisika adalah salah satu rumpun sains yang tidak hanya mempelajari hal nyata, namun juga hal yang abstak. Maka dibutuhkan sebuah metode dalam penyajianya sehingga mudah diteima oleh peserta didik. Seorang guru harus dapat mengguankan software livewire ini dengan tujuan agar siswa lebih aktif dalam belajar (Abidin dkk. 2015) dan memiliki pemahaman lebih terhadap konsep yang disampaikan (Halim P 2016). Saat ini kita berada pada generasi Y dan transisi menuju generasi yaitu generasi murid-murid kita, mereka telah mengenal dunia internet sejak dini yang lebih dikenal dengan istilah elearning. software live wire merupakan aplikasi berbasis flas media player membantu dan telah banyak digunakan oleh kalangan pembelajar khususnya di teknik elektro. Software live wire diharapkan dapat memudahkan guru dalam memberi visualisasi konsep-konsep kelistrikan. Keberadaan software live wire menjadi salah satu solusi yang tepat saat ini dalam memudahkan siswa memahami konsep-konsep yang abstrak khususnya konsep aliran arus listrik, sehingga mereka mampu menguasi konsep abstrak ini dengan baik dan cepat.
B. Rumusan masalah
Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mencoba untuk membuat dan menggunakan software livewire ini, dan sejauh mana media ini dapat membantu tugas guru dalam melakukan penugasan, evaluasi dan penilaian.
Tujuan dan Manfaat
C. Tujuan program ini adalah :
a. Membuka software livewire, tanpa menginstal
b. Membuat group dan jaringan belejar berbasis IT
c. Sebagai alat evaluasi berbasis IT
d. Media belajar dan transfer pengetahuan pada siswa
a. Membuka software livewire, tanpa menginstal
b. Membuat group dan jaringan belejar berbasis IT
c. Sebagai alat evaluasi berbasis IT
d. Media belajar dan transfer pengetahuan pada siswa
D, Kajian Teori
Software livewire meruapakn Learning software yang menyediakan beragam fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran. software livewire adalah salah satu software aplikasi, yang didapatkan secara online dan dapat digunakan oleh sispapun dengan Cuma-Cuma.
Software livewire bertujuan untuk membantu guru pengajar dalam menjelskan aliran arus pada rangkaian listrik yang absttrak dengan bantuan animasi yang unik.
Software livewire dapat digunaka pada semua jenis komputer atau laptop.
Alat yang dipakai dalam media ini adalah :
- Seperangkat computer atau laptop sebagai alat pembuatan media
- Software Microsoft Office 2007
PENGENALAN FITUR
Tampilan layar utama software livewire
METODOLOGI
Prosedur penggunaan fitur software livewire membuat rangkaian DC sederhana
Menampilkan gallery
Tampilan halaman muka edmodo |
Menginput komponen, contoh komponen sumber tegangan
Terdapat sumber tegangan DC, AC, Ground |
Menginput resistor dalam rangakian folder pasif komponen
Dalam folder ini terdapat resistor, induktor , dan kapasitor. |
Terdapat diantranya lampu filamen, lambu LED, loudspeaker dll |
Menghubungkan kabel antar komponen
Keterangan gambar:
1. Antar komponen telh terhubung sumber tegangan, saklar, lampu, dan resistor
2. Untuk menjalankan dengan “klik tombol run” pada button dibagian atas layar dengan ditandai lampu menyala kuning.
3. Dengan “klik tombol flow curent” pada tepi kiri layar kita dapatkan gambar dengan backgroud 4. hitam, dan terdapat animasi aliran arus listrik warna merah dan hijau pada kabel rangkaian.
5. Dengan “klik tombol button fiew –animation-curent allow” kita dapatkan tanda panah pada kabel rangkaian.
6. Prosedur penggunaan fitur software live wire membuat rangkaian AC sederhana
Menampilkan folder power supply
Pada halaman ini kita dapat memilih button yang dilingkari di atas, maka munculah layar geleri, disini terdapat berbagai komponen listrik yang hendak kita cari. Didalam nya terdapat folder: Power supplay, conector, input componen, pasive componen,discrete semiconductor, ligicgates, integrited circuit, output componen, measuring.
Menginput induktor pada folder pasif componen
Kolom tampilan ini dapat di isi dan mengubah nilai induktansi diri dengan nilai yang diinginkan.
Menginput lampu indikator dari folder output componen
Menginput saklar dari folder input componen
Menginput CRO / osiloscop dari folder measuring
Menghubungkan kabel antar komponen
Menginput grafik sinusiodal CRO tegangan AC
Grafik tampilan CRO diambil dari button bagian atas “simbol balok warna biru, kuning, merah” Pada grafik dapat diataur nilai sumbu Y, untuk menentukan nilai tegangan maksimal, dan Sumbu X nilai perioda dengan
Tampilan nilai tegangan terhadap waktu pada CRO
Warna grafik, dan nilai frekuensi dapat diatur dalam grafik propertis, dengan klik gambar grafik 2 kali. Untuk menjalankan dengan “klik tombol run” pada button dibagian atas layar dengan ditandai lampu menyala kuning
Tampilan nilai tegangan terhadap waktu pada CRO
Dengan “klik tombol flow curent” pada tepi kiri layar kita dapatkan gambar dengan backgroud hitam, dan terdapat animasi aliran arus listrik warna merah dan hijau pada kabel rangkaian.
Menampilkan arah arus AC pada layar
Dengan “klik tombol button fiew –animation-curent allow” kita dapatkan tanda panah pada kabel rangkaian.
HASIL dan PEMBAHASAN
Pengoprasian software live wire pada rangkaian listrik DC
Rangkaian resistor seri dan pararel
Penggunaan software ini sangat membentu menggambarkan arus yang abstrak pada siswa. Perbedaan nyala lampu pada rangkaian seri dan pararel nampak jelas. Haln ini mamberikan pemahaman lebih bagi siswa [2].
Pemasangan alat ukur volt meter dan ampere meter pada rangkaian
Pemasangan amperemeter di seri, dan pemesangan volt meter dipararel tampak jelas. Nilai tegangan dan arus dapat ditampilkan. Jika nilai bertanda negetif(-). Maka pemesangan alat ukur terbalik
Pengoprasian software live wire pada rangkaian listrik AC
Rangkaian R-L-C murni
Program ini hanya menyediakan grafik tegangan AC, namun grafik arus tidak tersedia. Signal tegangan resistor VR, signal tegangan induktor VL, dan signal tegangan kapasitor Vc. Ditampilkan dalam grafik. Mereka tampak satu fase (tidak sama sperti dalam teori). Namun nilainya sesuai teori. VL >VR >VC. (tegangan induktor mendahului, tegangan resistor dan kapasitor).
Rangkaian penyearah tegangan
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan bahwa penggunaan software livewire sebagai e-learning sangat membantu tugas mengajar, khususnya dalam membantu siswa dalam memahami konsep listrik dinamis.
Media edmodo dapat memberi dampak positip bagi guru dan siswa dalam hal motivasi siswa dalam belajar pada pokok bahasan listrik dinamis.
Penggunaan software livewire dapat meningkatkan antusias siswa dalm belajar, dan membengkitkan rasa penasaran untuk mencoba.
Kendala dan kelamahan media
Kendala dalam penggunaan medai ini adalh kebergantungan pada jaringan internet.
Madia ini tidak difasilitasi grafik sinusoidal signal arus listrik
Beberapa siswa tidak memiliki laptop atau komputer sehingga tidak dapat menggunakan software livewire
Saran
Disarankan dalam penggunaan software livewire ini dalam ujian online.
Guru perlu memberi waktu tambahan untuk memahamkan pengoprasian software livewire ini pada siswa.
Media ini sangat cocok untuk menggambarkan rangkaian listrik rumah tangga
DAFTAR PUSTAKA
[1] Abidin dkk. 2015.PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LIVEWIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X JURUSAN AUDIO DI SMK NEGERI 2 SEMARANG. Jurusan teknikm elaktro. Fakultas teknik UNNES. Semarang
[2] Pratama H. 2016. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ELEKTRONIKA DASAR DENGAN MEDIA LIVEWIRE SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 WONOSARI. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika. Vol 6, No 1.
LAPORAN PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR LISTRIK DINAMIS
Berbasis Softeware Live Ware
Disusun dalam rangka pemenuhan tugas kuliah :
Media Pembelajarn fisika
Dosen pengampu :
Prof.Dr. Susilo dan Prof.Dr.rer.nat Wahyu Hardyanto
Oleh :
NURI [0403515024]
PENDIDIKAN FISIKA
PASCA SARJANA UNNES
Komentar
Posting Komentar