Pembuatan & Penggunaan Software Crocodile Physics


PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dinamisasi teknologi canggih, selain memiliki dampak positip juga memiliki dampak negatif. Maka dari itu seorang guru harus dapat mengimbangi mengendalikan dan mengguankan teknologi ini dengan tepat sesuai kebutuhan sehingga mampu mengatasi masalah-masalah yang kompleks tersebut. Fisika tidak sekedar mempelajari objek yang dapat dilihat oleh mata telanjang, atau dipahami dengan secara dogmatis, melainkan beberapa materi yang renik, dan abstrak juga dipelajari. Selain itu beebrapa hal dalam konep mekanika membutuhkan bantuan fisualisasi, diantaranya penggambaran nilai dan arah gaya-gaya yang bekerja pada sustu objek. Siswa harus mampu menafisrkan dan melakukan analisis segala vektor ini meski dalama kenyataannya tidak tampak dimata. Software crocodile physic adalah salah satu media belajar berbasis makromedia flas, yang dapat memfisualisasikan beberapa hal yang abstark sehiangga tampak nyata. Software ini dapat membentum memvisualisasikan dunia micro, hinggga makro kinematika dengan bantuan komputer.

1.2 Rumusan masalah

Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mencoba untuk membuat dan menggunakan Software crocodile physic ini, dan sejauh mana media ini dapat membantu tugas guru dalam melakukan penugasan, evaluasi dan penilaian.

1.3 Tujuan dan Manfaat


Media belajar berbasis Software crocodile physic

1.4 Kajian Teori

Software crocodile physic adalah software berbasis macromeedia flash yang penggunaanya dibantu dengan komputer


PEMBAHASAN

1. Instal softwere crocodile physics

Pengunaan Software crocodile physic diawali dengan menginstal program pada perangkat komputer atau laptop kita dengan langkash sebagai berikut :

2.1 Membuka folder Software crocodile physic:

2.2 Membuka dan menginstal Software crocodile physic:

Pada halaman ini ditampilkan layar loading dan setelah warna hijau full akan muncul konfirmasi melanjutkan instalasi atau berhenti. 


Melalui tobol Next Kita akan menyelesaikan instalasi program, hingga muncul konfirmasi bahwa program telah selesai diinstal.


METODOLOGI

1. Aplikasi Software crocodile physic pada bidang miring

a. Membuka folder Software crocodile physic



b. Frim halaman muka crocodile physics


Pada halaman ini kita dapat memilih buton “saya siswa” jika user sebagai siswa atau “saya guru” jika user sebagai guru

c. Membuka Part Library



Berisi pilihan konten materi yang akan dibuat, terdiri materi elektronik, optik, gaya dan gerak, gelombang dan presentasi.

Pada langkah ini kita membuka Motion & Forces untuk mengambil komponen –komponen yeng berkaitan dengan hukum newton

d. Membuka folder motion


Dalam folder ini kita memilih objek berupa bidang miring sebagai landasan benda
Kita dapat memilih warna dan dan jenis bahan yang digunakan

e. Memuka folder motion memilih balok


Dalam halaman yang sama pada langkang diatas, kita memilih kelas ajar dan bidang materi pelajaran.
Dalam folder bloks dapat dipilih warna dan jenis bahan yang digunakan


HASIL MEDIA
1.  Memulai membuat frime materi


Membuat bidang miring dan mengatur sudut kemiringannya, kita mencoba membuat bidang miring dengan sudut 300.

2. Menampilkan objek

Memilih bentuk balok dan bahan yang digunakan, kita mencoba menampilkan kubus pejal dari kayu.
Dalam tampilan ini gambaran vektor gaya yang bekerja pada ablok akan tergambar dengan tanda anak panah warna merah (gaya berat) dan biru (gaya normal).

3. Menampilkan grafik energi kinetik terhadap fungsi waktu


Grafik diambil dari folder presntation kemudian Graph, maka memunculkan grafik pada sumbu x (fungsi waktu) dan y (fungsi energi kinetik)

4. Menagtur grafik fungsi

Pada grafik memunculkan property sebagai variabel terikat eenergi kinetik, sumbu horizontal menunjukan variabel waktu.

5. Pengaturan nilai absis dan ordinat

Nilai maksimal dan minimal dapat diatur sedemikian rupa agar dapat ditampilkan bentuk grafik yang lebih jelas.
Grafik ini akan menampilkan koordinat titik refkelsi sumbu x dan y pada setiap saat. Sehingga gbungan antara koordinat titik tersebut menghsalikan sebuah garis atau grafik.

6. Vektor gaya 

Untuk menggerakn benda dapat dilakukan dengan menarik krusor pusat balok kearah yang kita mau, makin panjang krusor digeser maka makin besar percepatan benda tersebut. Pada kasus benda berada pada bidang miring bekerja gaya berat, yang secara otomatis dapat menarik benda bergerak turunn sepanjang permukaan bidang.

7. Jumlah group atau kelas yang telah dibuat 

Pada saat kubus bergerak linier otomatis grafik akan terbentuk

8. Tren grafiik

Gerak benda linear pada bidang miring membentuk kurfa melengkung, sesuai dengan teori. Yaitu gerak berubah beraturan.

9. Kurva GLB GLBB 

Pada saat benda menuruni bidang miring terjadi gerak GLBB atau GJB, yang ditandai dengan grafik melengkung. Pada saat benda mencapai tanah dan seterusnya benda bergerak GLB, ditandai dengan garis merah yang lurus

10. Perbandingan grafik fungsi EP vs EK


Pada benda bergerak jatuh bebas, terjadi pernurunan energi potensial dan kenaikan energi kinetik. Perbandingan tren garfik dpat dilihat pada garis merah pada gambar di atas. 
Kurva memenuhi persamaan gerak dipercepat
11. Pemilihan properti variabel sumbu y
(a) Posisi benda pada tengah lintasan grafik sumbu Y meningkat 

(b) Posisi benda dipuncak grafik pada sumbu Y bernilai nol 

(c) Posisi benda dibawah keadaan grafik sumbu Y menurun drastis. 

(d) Posisi benda pada bidang datar, grafik Sumbu Y konstan. Menunjukan benda bergerak GLB 

PENYIMPANAN MEDIA

1. Penyimpanan media

Untuk penyimpanan data atau media yang telah dibuat dapat disimpan dengan langkah biasa atau save as, secara otomatis media akan tersimpan dalam folder, dan koloom presentasi














2. Pemanggilan media

Untuk pemangggilan medai dapat dibuka dalam folder presentasi pada medai aplikasi Software crocodile physic



















KESIMPULAN DAN PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan bahwa penggunaan Software crocodile physic sebagai e-learning sangat membantu dalam proses pemehaman siswa dan guru, khusunya dalam penggamabarn vektor gaya.

Software crocodile physic memberi dampak positip bagi guru dan siswa dalam hal motivasi dan pemberian penghargaan atau penguatan positip.

Dalam medai ini masih terdapat kelemahan yaitu ketergantungan pada media komputer atau laptop.

2. Saran

- Disarankan dalam penggunaan media Software crocodile physic ini dapat digunakan pada materi-materi yang abstrak.

- Guru perlu berlatih dan mambuat dalam rangka mempersiapkan medai belajar berbasis aplikasi Software crocodile physic agar pembelajaran lebih efektif

- Media ini sangat cocok untuk menggambarkan nilai dan arah gaya yang bekerja pada balok


DAFTAR PUSTAKA
R.Budi S, S.S Edhi, M. Sukisno.2014. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PHYSICS-EDUTAINMENT DENGAN BANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Unnes Physics Education Journal. http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Software Liveware

Praktek Fisika Medik