PhET (Physic Education and Technology) ~ Simulasi Fisika di Internet


PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Fisika tidak sekedar mempelajari objek yang dapat dilihat oleh mata telanjang, atau dipahami dengan secara dogmatis, melainkan beberapa materi yang renik, dan abstrak juga dipelajari. Selain itu beebrapa hal dalam konep mekanika membutuhkan bantuan fisualisasi, diantaranya penggambaran nilai dan arah gaya-gaya yang bekerja pada sustu objek. Siswa harus mampu menafisrkan dan melakukan analisis segala vektor ini meski dalam kenyataannya tidak tampak dimata. PhET (Physic Education and Technology) adalah salah satu media belajar berbasis makromedia flas, yang dapat memvisualisasikan beberapa hal yang abstark sehiangga tampak nyata. Software ini dapat membentum memvisualisasikan dunia micro, hinggga makro kinematika dengan bantuan komputer.

1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mencoba untuk membuat dan menggunakan PhET (Physic Education and Technology) ini, dan sejauh mana media ini dapat membantu tugas guru dalam melakukan penugasan, evaluasi dan penilaian.

1.3 Tujuan dan Manfaat
Teknik penggunaan media belajar berbasis PhET (Physic Education and Technology)

1.4 Kajian Teori
PhET (Physic Education and Technology)

Proyek Physic Education and Technology di Universitas Colorado telah mengembangkan serangkaian simulasi yang sangat menguntungkan dalam pengintegrasian teknologi komputer ke dalam pembelejaran. Terdapat lebih dari 50 simulasi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Simulasi tersebut terdiri dari beberapa topik fisika, kimia, bahkan matematika. Simulasi-simulasi ini mudah didapatkan, dapat dijaankan secara online dengan bentuan koneksi internet maupun dengan cara didownload sehingga dapat dijalankan secara offlone. Simulasi dirancang secara interaktif sehingga penggunanya dapat melakukan pembelajaran secara langsung.

Selain itu, kemasan simulasi PhET bersifat kontekstual seperti yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sampai ke hal-hal mikroskopis yang tida dapat dibayangkan atau tergambarkan secara nyata. Misalnya simulasi radiasa elektromagnetik yang dapat divisualisasikan sehingga pengguna dapat mengetahui proses radiasi tersebut secara mokro dan dapat melakukan analisis kuantitatifnya

Berikut cara penggunaan media pembelajaran PhET  :

1. Membuka situs program PhET (Physic Education and Technology)

PhET (Physic Education and Technology) dapat dikunjungi di almatat web https://www.google.com - dengan kata kunci “Phet colorado”.

1.1 Membuka situs google 


1.2 Membuka PhET (Physic Education and Technology) 

1.3 Pada halaman ini ditampilkan halaman muka PhET (Physic Education and Technology) seperti berikut : 


Dalam halaman ini ditampilkan pilihan “about, for theacer, translation, related simulation, dan softwarerements.

1.4 Langkah selanjutnya kita buka halaman for teacher



Pada halaman ini ditampilkan pilihan konsep materi penulis dan petunjuk penggunaan dalam PDF
1.5. Membuka halaman translations 



Pada halaman ini kita dapat mengubah bahasa dan melakukan donloading materi yag diinginkan, kita pilih bahasa indonesia. 




1.6 Membuka layar simulation


Halaman ini berisi pilihan konten materi yang akan dibuat, terdiri materi elektronik, optik, gaya dan gerak, gelombang dan presentasi.
Pada halaman ini kita dapat melakukan download meteri yang kita inginkan yang tersaji dalam bahasa indonesia.

1.7 Konfirmasi membuka media yang didonload




Media ini dapat dibuka dengan program java atau flash mediaplayer. Maka sebelum kita membuka media, terlebih dahulu komputer kita diinstal program java dan macromediaflash

1.8 Konfirmasi penyimpanan media dalam proses download
 

1.9  Bentuk penyimpanan media 




Media ini dapat dibuka secara ofline, dapat digunakan dalam proses pembelajaran 
  

PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan bahwa penggunaan media PhET (Physic Education and Technology), dapat dilakukan dimanapun dengan bantuan komputer.

Media ini cukup interaktif dalam proses pembelajaran, diharapkan dengan penggunaan media ini siswa dapat memahami konsep vektor gaya pada beberapa bentuk dan posisi benda. 


DAFTAR PUSTAKA
  1. Sangu ilmu. https://thohafirdaus.wordpress.com/2013/07/06/. Diakses 3 november 2016. 
  2. University of Colorado. https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/physics. Diakses 3 november 2016 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktek Fisika Medik

Aplikasi Software Liveware

Pembuatan & Penggunaan Software Crocodile Physics